Sabtu, 05 April 2014

10 Masalah Umum Pengguna FS9/FSX saat terbang

(SFX mesin CFM 56...)

Hai semuaa!

Udah gak nyadar blog ini ditayangkan untuk ke 100 kali #lupakan #lanjutkan!

Nah sekarang ini gw mau memberikan solusi bagi kalian saat terbang di FS9/FSX

Okay,ini 10 masalah yang bikin geregetan ente semua:

KECEPATAN TERLALU TINGGI SAAT MENDARAT!
Biasanya ini dialami para pemula yang saking nekadnya langsung terbangin Jet sekelas B737 ke atas/sejenisnya.
Biasanya saat mendarat,kita lupa untuk menambah slats hingga 20 derajat,dan lupa mengembangkan Airbrake.Dan yang lebih parahnya,throttle masih dibiarin di FULL.
Solusi:Saat menyentuh ketinggian 1000ft,turunkan kecepatan sampai 100kt,lalu turunkan slats 20derajat
Bila terlalu rendah,tambah kecepatan menjadi 120-130kt,dan lipat kembali airbrake
ADUH,TAXIING MALAH NGEDRIFT!
Biasanya ini dialami saat temen temen taxiing  pesawat di area yang butuh puteran panjang,dan kecepatan kita terlalu tunggi.Atau bisa juga teman teman terlalu "Nafsu"menginjak pedal ruder,sehingga bukan belok,malah ngedrift.
Usahakan jangan terlalu cepat saat taxiing(karena terlalu lama,jadi malah dicepetin,padahal salah).Lebih baik di kisaran 20-30 kt,dan gunakan slats 10 derajat.Jangan terlalu nafsu menginjak pedal ruder,nanti malah ngedrift lagi.
MANA BANDARANYA,KAGAK KELIHATAN?
Biasanya ini dialami saat terbang malam,ke bandara tanpa pencahayaan.
Solusi:Terbang rendah,lalu hubungi tower,dengan klik "Request Airport Direction"(kalau gak salah bunyinya kayak gituh.).Kalau terbang ke bandara tanpa tower,terbang rendah,cari area yang memiliki angka runway(23,10,2R,3L,dst),dan memiliki penunjuk landasan lainnya.
MAU TURUN MALAH NYUNGSEP!
Saat melakukan decending,gunakan airbrake,sehingga pesawat turun.Namun jangan lupa untuk tetap mengangkat elevatar,agar pesawat nggak terlalu nyungsep,Usahakan VS-indicator nya di rentang 0-3.
GAK BISA MASANG GARBARATA (FSX ONLY)
tekan Shift+J untuk memasang Garbarata Ke pesawat.
MENDARAT MALAH DITCHING (TERBANTING)
Jangan terlalu cepat turun ke landasan,dengan mengatur throttle di kecepatan 60 kt,dan usahakan flaps di 20 derajat,dan elevator tidak terlalu terangkat.
PESAWAT OLENG SAAT TAKE-OFF
Ini dialami saat terbang dalam kondisi hujan.Biarkan insting pilot bekerja,dengan mengatur posisi aileron ke kiri dan kanan,dan jangan terlalu lambat saat take-off,dan terlalu menukik.
TAXIING MALAH NABRAK PESAWAT LAIN
Kembali ke persoaalan nomor 2.Usahakan jaga jarak pesawat dengan pesawat lain.Ingat kecepatan usahakan cukup lambat,sehinggak dapat mengerem sewaktu waktu bila terlalu dekat dengan pesawat lain.
PESAWAT MALAH JATUH SESUDAH TAKE OFF!
Kasus ini sering terjadi bagi para pengguna B747 atau sekelasnya.Alasannya,badan pesawat yang besar!
Baca aturan V1-VR-V2 pada postingan saya yang lama.Usahakan 10kt diatas V2 sehingga pesawat punya tenaga untuk mengangkat badan dan terbang.
BUKA PINTU PESAWAT GIMANA?
Tekan Shift+1 untuk buka pintu depan pesawat,2 belakang pesawat,3 kargo.
SAAT SUDAH MENCAPAI KETINGGIAN MALAH TERUS NAIK,GIMANA CARANYA?
Ini yang sering terjadi bagi para penerbang pemula,maupun yang pro sekalipun (saya jg bisa di bilang pro.. wkwkwkkwk).
Oke,ini yang saya lakukan:masukkan seluruh flaps ke dalam,lalu turunkan throttle di kisaran 80-95%,dan netralkan elevator(tidak naik ataupun turun).
 
 
Saragih, Yosafat. 2013. 10 Masalah Umum Pengguna FS9/FSX saat terbang. From http://yosafaatvincent.blogspot.com/2013/04/10-masalah-umum-pengguna-fs9fsx-saat.html, 25 April 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar